Search This Blog

Wednesday, April 14, 2010

Maria Langsung Angkat Koper

JAKARTA - Prediksi Maria Kristin Yulianti akan menemui hambatan di babak pertama Kejuaraan Asia terjawab. Pemain tunggal putri Pelatnas Cipayung itu langsung tersingkir cepat setelah dikalahkan Zhou Mi asal Hong Kong 21-15, 18-21, 16-21.

Kekalahan Maria sangat disayangkan. Sebab, peraih medali perunggu Olimpiade 2008 itu sempat unggul atas Zhou Mi di game pertama. Kegagalan di Kejuaraan Asia membuat Maria harus lebih mempersiapkan diri lebih matang sebelum memperkuat Indonesia di Piala Uber, 9-16 Mei mendatang.

Pelatih Tunggal Putri Pelatnas Cipayung Marleve Mainaky menjelaskan, pihaknya akan segera melakukan evaluasi atas kegagalan Maria di kejuaraan tersebut. Tapi, dia menyadari kualitas Zhou Mi memang lebih bagus ketimbang Maria.

Marleve melihat permainan unggulan kedua Hong Kong itu lebih stabil meski tertinggal di game awal. "Dia (Zhou Mi) memiliki mentalitas sangat baik. Permainannya tak terpengaruh oleh hasil buruk di game pertama. Dia justru bangkit mengejar ketertinggalannya," ungkap Marleve.

Marleve berharap anak didiknya itu akan memetik pelajaran penting usai kegagalan tersebut. Sebab, Maria merupakan salah satu pilar penting Indonesia dalam menjalani kejuaraan beregu di Malaysia, Mei mendatang.

"Maria harus memetik hal positif meski tersingkir di babak pertama. Dia wajib memompa motivasinya jika ingin tampil bagus membela Indonesia di Piala Uber," tandas Marleve.

Sementara hasil bagus diraih tunggal putra Andre Kurniawan Tedjono. Pebulu tangkis PB Djarum itu melenggang ke babak ketiga setelah mengandaskan rekan senegaranya Nugroho Andi Saputro 21-18, 21-18.

Kemenangan itu membuat Andre membuka peluangnya merebut juara di nomor tunggal putra Kejuaraan Asia tahun ini. Andre menunjukkan kualitasnya belum habis setelah memenangi dua pertandingan sekaligus dalam satu hari, Rabu (14/4/2010).

Selain mengalahkan Nugroho, Andre terlebih dahulu menyingkirkan Hsu Jen-hao di babak pertama melalui pertarungan sengit rubber game 21-18, 26-28, 21-10. "Saya berharap kemenangan itu akan memotivasi perjuangan saya di kejuaraan tersebut," ujar Andre melalui situs resmi turnamen.

Di babak ketiga, Andre akan mendapatkan tantangan cukup berat. Dia akan bertemu unggulan kelima asal Thailand Boonsak Ponsana usai mengalahkan pebulu tangkis Jepang Kazushi Yamada 21-16, 21-15.

Andre sadar peluangnya terbilang sempit melaju ke babak perempat final. Apalagi, dia akan menghadapi salah satu pemain syarat pengalaman asal Negeri Gajah tersebut. "Memang, peluang saya kecil. Tapi, saya tak ingin menyerah sebelum bertanding. Saya akan berusaha mengalahkannya," tandasnya.

No comments: