Search This Blog

Wednesday, April 14, 2010

Awal yang Bagus! Devin/Liliyana Melangkah Mulus

JAKARTA, Kompas.com - Ganda campuran Indonesia Devin Lahardi Fitriawan/Liliyana Natsir mengawali langkah mereka dengan mulus di ajang Kejuaraan Asia. Dalam partai perdananya, Rabu (14/4/10) di New Delhi, India, pasangan yang merupakan unggulan kelima ini menang mudah 21-9, 21-9 atas pasangan tuan rumah Tarun Kona/Shruti Kurian.

Di babak kedua, Kamis (15/4), Devin/Liliyana akan menghadapi Sang Hoon Han/Ye Na Jang untuk memperebutkan tiket ke perempat final turnamen berhadiah 150.000 dollar AS ini. Pasangan Korea Selatan ini juga lolos setelah menang dua set langsung 21-14, 21-9 atas pemain tuan rumah Jishnu Sanyal/Jyotshna P.

Dengan demikian, dua ganda campuran Indonesia melangkah ke babak kedua karena sebelumnya, pasangan Tontowi Ahmad/Greysia Polii juga menyegel tempat di babak kedua berkat kemenangan 21-19, 21-14 atas unggulan keempat dari India Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam. Selanjutnya, Tontowi/Greysia bertemu dengan pasangan Vietnam Bao Duc Duong/Thi Hong Gam Thai, yang lolos usai menang dua set langsung 21-17, 21-17 atas kompatriotnya Nguyen Khang Huynh/Nguyen Nhung Le Ngoc.

Sebenarnya, ada tiga ganda campuran Indonesia yang ambil bagian dalam turnamen ini. Sayang, pasangan Muhammad Rijal/Debby Susanto langsung tersingkir, karena kalah 18-21, 21-13, 11-21 dari pasangan Taiwan Lee Sheng Mu/Chien Yu Chin.
Bersama Devin, Liliyana yang biasanya berpasangan dengan Nova Widianto--mereka dipisahkan jika tampil di turnamen non super series--, tampil mengesankan dalam partai perdananya ini. Terbukti, mereka sangat dominan selama pertarungan berdurasi 19 menit tersebut.

Pada set pertama, Devin/Liliyana hanya sekali tersentuh oleh Tarun/Shruti ketika bisa menyamakan kedudukan 1-1. Tetapi setelah itu, Devin/Liliyana langsung melejit dengan raihan empat poin beruntun, sampai akhirnya mennag 21-9.

Mirip set pertama, di game kedua pun Devin/Liliyana melaju kencang usai kedudukan 1-1. Meskipun jaraknya sempat terpangkas hingga selisih satu poin saat kedudukan 3-4, Devin/Liliyana kembali menjauh. Selepas unggul 10-6, Devin/Liliyana hanya kehilangan satu poin hingga memimpin 20-7. Setelah "memberikan" lawan dua poin, Devin/Liliyana mengakhiri set kedua dengan 21-9, untuk meraih tiket ke babak kedua.

No comments: