Search This Blog

Saturday, May 1, 2010

Indocock Walikota Surabaya Cup VII - Atlet Pelatnas Bakal Jadi Tantangan

SURABAYA, KOMPAS.com - Turunnya atlet pemusatan latihan nasional pada turnamen Indocock Walikota Surabaya Cup VII, 4-8 Mei di Surabaya, bakal menjadi tantangan tersendiri bagi atlet lokal. Atlet lokal dapat menimba pengalaman saat berhadapan dengan atlet nasional. Apalagi, hadirnya atlet luar negeri semakin menambah ramainya persaingan.
Hal itu dikatakan Ketua Umum Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Kota Surabaya Abdul Chodir dalam sebuah konferensi pers, Jumat (30/4/10) di Surabaya. Menurut Chodir, ada 14 atlet pelatnas pratama yang bakal berlaga di turnamen berhadiah Rp 130 juta ini. Mereka memang sengaja diundang panitia penyelenggara.
"Pada tiga kali ajang sirkuit nasional yang tahun ini, tidak satu pun atlet pelatnas yang turun. Kali ini, kami sengaja mengundang mereka agar atlet lokal, khususnya di Surabaya, dapat memetik pelajaran dari mereka," kata Chodir.
Selain itu, imbuh Chodir, kehadiran pebulu tangkis mancanegara bakal meramaikan turnamen tahunan yang diselenggarakan sejak 2003 ini. Berdasar catatan panitia, ada 88 peserta dari tujuh negara selain Indonesia, yakni dari Amerika Serikat, India, Afrika Selatan, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Jepang. Adapun pemain dari dalam negeri sebanyak 1.034 orang.
Nama-nama atlet pelatnas pratama yang turun di kejuaraan ini adalah Pandu Dewantoro, Febrian Irvanaldy, Renna Suwarno, Hera Desi, Ricky Widianto, Rachmat Ardianto, Christ oper Rusdianto, Marcus Fernaldy, Ricky Karanda, Agripina Prima, Tiara Rosalia, Gebby Ristiyani, Jenna Gozali, dan Variell Aprilsasi. Mereka akan tiba di Surabaya pada Senin (3/5/10).
Mantan Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Jawa Timur Ferry Stewart berharap muncul bibit-bibit baru dari Jatim pada ajang ini. Hadirnya atlet pelatnas dan pemain dari luar negeri akan semakin menambah pengalaman bagi atlet lokal. Selain itu, terlibatnya atlet pelatnas seharusnya dapat menjadi tantangan tersendiri bagi atlet lokal.
"Saya berharap akan muncul bibit-bibit muda berkualitas dari Jatim melalui turnamen ini. Selain akan menambah pengalaman, turnamen ini sekaligus dapat menambah jam terbang seluruh atlet lokal," kata Ferry.
Ada 106 klub bulu tangkis dalam negeri yang turut serta di turnamen ini. Mereka berasal dari 38 kota dan kabupaten di 13 provinsi. Dari Surabaya, ada lima klub yang terlibat, yaitu Citra Raya Unnesa, Jaya Raya Surya Naga, Surya Baja Surabaya, Berlian, dan Hi-Qua Wima Surabaya.

No comments: